Nama Jalan Paling Tersohor di Dunia


13318028571557702581
Hollywood Boulevard (ilust touropia.com)
Nama jalan apa yang paling terkenal di dunia menurut Anda? Mungkin diantara Anda ada yang mengatakan Jalan Malioboro, atau Orchard Road di Singapura, atau Fifth Avenue di New York, Wall Street juga di New York, Champs-Élysées di Paris, Hollywood Boulevard di Los Angeles, dan barangkali Downing Street di London. Yang jelas, nama jalan yang disebutkan di atas sudah menjadi ikon simbolis, seperti bilamana kita menyebutkan Wall Street maka akan terbayangkan pusat bisnis dan finansial terbesar di dunia. Ada pula nama-nama jalan yang tersohor karena dipakai dalam kisah novel atau judul lagu atau film, sekalipun dia sebenarnya tak bisa dijumpai dalam dunia nyata. Kita pasti pernah mendengar Sesame Street pada judul film anak-anak, Lover’s Lane untuk mengiaskan jalan sepi tempat sepasang kekasih yang memadu cinta, Primrose Path untuk melukiskan jalan kehidupan yang penuh dengan kemewahan.
13318029991348314537
Wall Street (ilust touropia)
Mari kita telusuri jalan-jalan legendaris tersebut. Kita mulai dari Wall Street di New York.Kenapa diberi nama wall? Ya, memang pada kawasan ini dulu dibangun tembok oleh koloni Belanda yang membelinya dari penduduk asli pada abad ke 17. Tujuan pembangunan tembok ini adalah sebagai benteng terhadap kemungkinan penyerobotan oleh koloni Inggris atau penduduk setempat. Konon dahulu kala, jalan ini dinamakan dengan ’de Waal Straat’ oleh orang Belanda. Tembok yang membentengi jalan ini diruntuhkan pada tahun 1699. Dari awal berdirinya kota New York, Wall Street sudah menjadi pusat perniagaan dan terus mengalami perkembangan pesat. Kini Wall Street yang terletak di kawasan Manhattan dikenal sebagai pusat perniagaan dan pusat finansial dunia, di mana bermarkas Bursa Saham New York (New York Stock Exchange), NASDAQ dan sebagainya.
1331803056953582339
Orchard Street (Singapura)
Mari kita beralih ke Orchard Road di kota Singapura. Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa dahulu kala kawasan ini merupakan kebun untuk menanam bermacam buah-buahan (orchard), sekitar pertengahan tahun 1800an. Buah yang ditanam di situ antara lain pala (nutmeg), lada (pepper), gambir dan lainnya. Kini jalan sepanjang 2,2 kilometer ini sudah bersalin rupa menjadi pusat perdagangan retail dan pusat hiburan di kota singa. Orchard Road juga merupakan pusat turisme ternama untuk berbelanja (shopping).
1331803135879341223
Champs Elysees dilihat dari Arc de Triomphe
Jalan legendaris berikutnya adalah Champs-Élysées di kota Paris. Kata Champs-Élysées bermakna Elysian Field yaitu tempat peristirahatan jiwa kekal dalam mitologi Yunani. Jalan sepanjang 1,91 kilometer ini membentang dari dari Place de la Concorde di ujung timur sampai ke Place de l’Etoile di ujung barat di mana tegak berdiri Arch de Triomphe, monument untuk mengenang kejayaan Napoleon Bonaparte. Champs-Élysées dicatat sebagai salah satu jalan raya (avenue) yang paling cantik di dunia dan merupakan daya tarik turisme utama di kota Paris.
133180330720214244
Via Dolorosa pada Stasi ke Lima
Jalan yang berikutnya tersohor bukan karena kehebatan infrastrukturnya, tetapi karena nilai historis dan religinya yaitu Via Dolorosa di kota lama Jerusalem. Kata Via Dolorosabermakna ’jalan penderitaan’ yang menggambarkan jalan yang dilalui oleh Jesus Kristus pada saat memanggul salib menuju bukit Golgota. Panjang jalan ini kurang lebih 600 meter dan berakhir pada gereja makam kudus (Church of Holy Sepulchre) dan menjadi jalan yang ditempuh pada peziarahan Kristen (Christian pilgrimage) sejak abad ke 18. Rute jalan Via Dolorosa ini terbagi dalam 14 penghentian Jalan Salib (Stations of the Cross) yang melambangkan saat-saat Jesus terjatuh pada waktu memanggul salibNya. Ada sembilan stations of the Cross yang berada di Via Dolorosa dan empat lainnya berada di dalam gereja makam kudus. Pada foto di atas, terlihat penggalan jalan Via Dolorosa pada stasi ke lima, di mana Simon dari Cyrene membantu memanggul salib karena Jesus yang sudah kehabisan tenaga untuk mengangkatnya.
Jalan yang tenar berikutnya adalah Hollywood Boulevard yang berada di kota Los Angeles. Di kiri kanan jalan ini terdapat trotoar yang dikenal dengan nama ’Walk of Fame’ yaitu lambang bintang yang terpasang di sepanjang trotoar ini dengan nama-nama bintang film, penyanyi, musisi, sutradara beken dalam dunia hiburan (lihat foto paling atas). Ada sebanyak 2.400 segi empat beton yang bertatahkan gambar bintang yang terbuat dari kuningan.
1331803392613672892
Lombard Street (San Francisco)
Jalan yang tak boleh dilupakan lainnya adalah Lombard Street antara Jalan Hyde dan Jalan Leavenworth di kota San Francisco. Sebetulnya jalan ini tidak terlalu panjang, namun dia mempunyai keunikan yang tiada duanya. Pada salah satu segmen dari jalan ini di kawasan Russian Hill (Bukit Rusia), jalannya begitu curam sehingga sangat membahayakan bagi pengendara bermotor. Oleh karenanya, pada tahun 1920 potongan jalan ini ditata ulang dengan dijadikan jalan dengan delapan kelokan tajam (hairpin turns). Hanya kendaraan dari arah menurun yang diperbolehkan mengambil jalan yang berkelok-kelok ini dengan batas kecepatan (speed limit) 8 kilometer/jam.
Jalan beken apalagi yang boleh disebutkan? Ada jalan terpanjang di dunia menurut catatan Guinness Book of Records yaitu Yonge Street di kota Toronto, Kanada. AdaBaker Street yaitu nama jalan di kawasan Westminster, London yang tersohor sebagai nama jalan kediaman detektif Sherlock Holmes. Ada Silk Road yaitu jalan sepanjang 5.000 mil yang membentang dari Eropa ke Asia sebagai penghubung saudagar kain sutera di masa lampau. Ada pula Khyber Pass yakni jalan terjal menyusur pegunungan yang menghubungkan Afganistan dan Pakistan, yang dewasa ini paling ditakuti karena dipenuhi dengan ranjau darat dan penembak gelap.
Dan tahukah Anda nama jalan Penny Lane dan Abbey Road? Ah, itu adalah nama jalan yang dipopulerkan oleh grup musik The Beatles pada tahun 1960an.

sumber : kompasiana