10 Benda Yang Harus Dibawa Pendaki Gunung

UNTUK mengisi liburan, banyak pilihan tempat untuk Anda datangi. Ketika pilihan jatuh ke gunung, terdapat tip berlibur tetap mengasyikkan dan seru.

Simak 10 tip berwisata ke gunung, berikut ini:

Gali informasi

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang gunung yang ingin Anda sambangi, misalnya di mana saja terdapat mata air untuk mengisi jatah air minum, tempat paling baik untuk membuka tenda, atau apa saja pantangannya selama di sana. Usahakan pula Anda memiliki informasi tentang rute jalan ke gunung tujuan, termasuk jalan-jalan alternatif.

Selain itu, Anda perlu mencari tahu seluk-beluk jalan di lingkungan gunung. Jika Anda tidak dapat menghapalnya, bawalah catatan atau salinan informasi yang diperlukan.

Alas kaki

Pilihlah sepatu bersol karet atau alas kaki yang memang didesain untuk mendaki gunung sehingga tidak mudah tergelincir. Untuk kaus kaki, usahakanlah membawa lebih dari satu pasang. Kalau bisa, bawalah kaus kaki tebal dan panjang untuk dipakai saat tidur.

Baju hangat

Jaket ataupun sweater merupakan benda yang harus Anda bawa. Gunanya untuk menahan tubuh dari angin gunung yang dapat menyebabkan mountain sickness atau turunnya suhu tubuh yang berujung pada kematian.

Untuk gunung yang bersalju, kaus kaki tebal dapat menghindarkan Anda dari serangan frost bite (kebekuan yang mengakibatkan telapak tangan dan jari-jari kebas yang bisa mengakibatkan putusnya jari).

Sarung tangan

Sarung tangan akan sangat berguna untuk menghangatkan tangan Anda. Untuk gunung yang bersalju, sarung tangan bisa menghindarkan Anda dari serangan frost bite. Sementara balaklava (kupluk) untuk menutup wajah dari angin dingin.

Jas hujan

Bawalah jas hujan berbentuk jaket sehingga Anda tetap leluasa bergerak. Pilihlah jas hujan yang praktis dan mudah membuka dan melipatnya. Jas hujan yang mudah dibuka membantu Anda terhindar dari serangan air hujan yang sering datang tiba-tiba.

Senter dan baterai cadangan

Senter sangat dibutuhkan terutama karena di gunung, kondisi gelap cepat menyergap. Pastikan pula Anda membawa baterai cadangan secukupnya.

Tenda

Tenda adalah perlengkapan yang mutlak harus dibawa. Persiapkan pula sleeping bag Anda.

Makanan dan minuman cukup kalori

Naik gunung akan mengeluarkan kalori dan cairan tubuh yang cukup banyak. Untuk mengimbanginya, bawalah makanan berkalori dan minum air sebanyak-banyaknya. Untuk praktisnya, bawalah makanan instan.

P3K dan obat-obatan pribadi

Perlengkapan ini harus dibawa untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Hindari perbuatan usil

Perilaku buruk yang biasa menjangkiti mereka yang berwisata menelusuri alam adalah kurang atau tidak memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Beberapa sikap dan perilaku yang harus Anda hindari, antara lain mencorat-coret pohon, batu, atau tebing serta mencabut pohon, tangkai, atau bunga.

sumber