Jembatan Tertinggi Di Dunia


Sebuah sensasi bisa berjalan menembus awan di angkasa hanya bisa Anda nikmati di jembatan tertinggi di dunia Le Viaduc De Millau yang berlokasi di Millau Perancis. Jembatan ini menghubungkan Perancis dan Barcelona. Jembatan tertinggi di dunia ini juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang fungsinya melindungi mobil dari hembusan angin.



Jembatan Millau ( le Viaduc de Millau ) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn di pegunungan Massif Central dekat Millau di selatan Perancis, yang pada pagi hari selalu diselimuti oleh embun pagi.

Orang yang berkendaraan melintasi awan - awan yang mengambang rendah di pegunungandapat dengan mudah menggapainya, sambil melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan di bawahnya serta tanpa perlu khawatir gangguan angin yang kuat. Jika Anda melintasi jembatan ini, maka Anda laksana berjalan di langit dengan menembus atau diiringi awan yang berarak. Sungguh sensasi yang luar biasa!

Jembatan unik ini kini bukan hanya jadi sarana transportasi tapi juga ajang wisata. Banyak wisatawan yang ingin menjajal berkendaraan bersamaan dengan awan yang berarak di sekelilingnya serta mengambil foto cantik jembatan ini. Menurut Chirac, pembangun jembatan ini merupakan keajaiban dan menjadi lambang kemajuan teknik sipil Perancis. Jembatan ini juga berfungsi sebagai simbol dari kemoderan Perancis.


Millau mulai dibangun pada tanggal 16 Oktober 2001 dan dibuka resmi pada 14 Desember 2004, lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan, yakni tiga tahun. Hal ini salah satu sebabnya adalah faktor cuaca, selain memang tingkat kesulitan yang tinggi. Maklum, jembatan ini selain luar biasa tinggi juga dibangun di lokasi yang tidak biasa. Struktur tanah yang tak rata, maklum wilayah pegunungan.

Digunakan sistem hidrolik untuk menyorong geladak kembatan ke dalam tempat seharusnya. Sistem ini disediakan oleh Enerpac Hydraulic Systems – perusahaan yang juga “mengangkat”Golden Gate Bridge. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Jacques Chirac berkuasa ( sekarang Sarkozy ) dalam sebuah upacara yang megah.


Jembatan ini dibangun dengan menggunakan metode pelaksanaan Incremental Launching Method / ILM. ILM adalah suatu metode erection pada jembatan bentang panjang yang sudah diimplementasikan sejak tahun 1962 yaitu di Rio Caroni Bridge di Venezuela. Metode ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ing. F. Leonhardt dan partnernya Willi Baur. Metode ini telah dipatentkan sejak tahun 1967.

Design Jembatan:
1. Viaduc de Millau memiliki total panjang 2.460 m dan lebar adalah 32 m.
2. Terdiri atas 8 bentang atau spans dan 7 buah tiang jembatan / piers.
3. Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m.
4. Tinggi tiang tertinggi adalah 343 m. Tinggi pylon adalah 87 m.
5. Tebal jalan 4.20 m dan lebar deck adalah 27,35 m.
6. Total beton yang digunakan adalah 227.000 ton dan baja yang digunakan 39.700 ton.


Fakta - fakta Mengenai Jembatan Ini:
1. Tiang kaki - kakinya tertinggi di dunia - Tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yang sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts ( 141 meter ), dan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct ( Jerman ) yang berketinggian 181 meter.
2. Tiang jembatannya tertinggi di dunia - Puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2.
3. Jalan raya jembatan tertinggi di dunia - Terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge ( 321 meter ) di Colorado, Amerika, yang lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki.

sumber:belantaraindonesia.org